Curiga dengan Istri? Ini Ciri-Ciri Istri Selingkuh dari Sisi Psikologis!
Curiga dengan Istri? Ini Ciri-Ciri Istri Selingkuh dari Sisi Psikologis!

Curiga dengan Istri? Ini Ciri-Ciri Istri Selingkuh dari Sisi Psikologis!

Pernikahan adalah salah satu cara bagi kita untuk menunjukkan komitmen dalam hubungan. Namun, menjalani pernikahan juga bukan suatu hal yang mudah. Ada berbagai permasalah rumah tangga yang akan kamu temukan. Salah satunya adalah perselingkuhan.

Tidak ada yang menginginkan adanya perselingkuhan dalam rumah tangganya. Sebelum semuanya semakin rumit, penting untuk mencari tahu apa saja ciri-ciri istri selingkuh sejak awal. Ini penting agar kamu dan istri bisa mencari penyelesaian terbaik.

Dalam artikel ini akan dibahas ciri dan penyebab istri selingkuh dari aspek psikologis. Namun perlu dicatat, secara psikologis tidak ada ciri maupun penyebab tunggal pasti yang mengindikasikan perselingkuhan. Namun demikian, psikologi dapat membantu mengidentifikasi pola dan petunjuk potensial melalui analisis faktor penyebab dan perubahan perilaku tertentu yang mungkin terkait perselingkuhan. Informasi ini dimaksudkan sebagai referensi, bukan kesimpulan mutlak.



Apa Penyebab Istri Selingkuh?



Ada berbagai alasan kenapa istri selingkuh. Mulai dari perasaan tidak dihargai pasangan, suami cuek, hingga suami selingkuh juga. Simak beberapa alasan istri selingkuh berikut ini!



1. Tidak Mendapat Kebutuhan Emosional dari Suami 

Wanita cenderung akan merasa dihargai lewat interaksi yang sifatnya non seksual dan emosional. Berbicara, memberikan perhatian hingga melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, jauh lebih berharga daripada sekadar aktivitas seksual.

Ketika kebutuhan emosional mereka itu tidak terpenuhi dari pasangannya, karena suami sering marah atau jarang mengajak mengobrol, mereka mungkin akan mencarinya di tempat lain. Inilah yang kemudian membuka peluang untuk berselingkuh.



2. Tidak Mendapat Kebutuhan Seksual dari Suami

Terdapat anggapan di masyarakat bahwa hanya pria saja yang membutuhkan dan menikmati aktivitas seksual dalam pernikahan. Anggapan ini tidak seluruhnya benar karena pada kenyataannya, kebutuhan seksual dan rasa puas juga dialami oleh kaum wanita. Apabila kebutuhan intimasi dan kepuasan seksual ini tidak terpenuhi dari sang suami, maka sang istri dapat mulai merasa ada yang kurang dalam hubungan tersebut. 

Ia kemudian mungkin akan mencari pemenuhan kebutuhan intimasi dan kepuasan seksual ini di luar pernikahan. Kurangnya kepuasan seksual dalam pernikahan dapat memicu frustrasi dan keretakan ikatan emosional suami istri, yang pada akhirnya mendorong pihak istri untuk mencari hubungan intim yang lebih memuaskan di luar pernikahannya.



3. Merasa Pembagian Tugas Rumah Tangga Tidak Adil 

Sebuah penelitian tentang wanita yang berselingkuh menyebutkan bahwa banyak wanita yang berselingkuh karena merasa terbebani dengan tugas rumah tangga yang harus mereka tanggung. Mereka menggambarkan bahwa mereka merasa suami kurang pengertian, tidak memberikan dukungan, dan membiarkan mereka menanggung semua pekerjaan rumah tangga sendirian. 

Ketidakadilan yang dirasakan dalam pembagian peran dan tanggung jawab rumah tangga ini membuat mereka merasa tidak dihargai sebagai istri. Akibatnya, mereka mencari perhatian, penghargaan, dan pemenuhan kebutuhan emosi maupun fisik dari pihak lain di luar pernikahan. Perselingkuhan dianggap sebagai pelarian dari ketidakbahagiaan dalam pernikahan dan upaya untuk mendapatkan kepuasan hidup yang hilang dalam rumah tangga.



4. Merasa Tidak Diapresiasi

Banyak wanita yang menikah merasa bahwa mereka hanya dianggap sebagai pembantu rumah tangga, pengasuh anak, atau pencari nafkah oleh sang suami. Mereka merasa kurang mendapatkan penghargaan atau apresiasi atas peran dan kontribusi yang mereka berikan dalam rumah tangga.

Perasaan tidak dihargai ini dapat memicu keinginan untuk mencari pengakuan, pujian, dan perhatian dari pria lain di luar pernikahan. Mereka berharap bisa mendapatkan penghargaan yang dirasa hilang dalam pernikahannya dari hubungan di luar pernikahannya tersebut.



5. Merasa Kesepian

Wanita bisa merasakan kesepian dalam pernikahan karena berbagai alasan. Mungkin karena pasangannya bekerja jauh du luar kota, sering bepergian atau tidak dekat secara emosional meskipun secara fisik mereka selalu ada. Apapun sebabnya, ini akan memicu rasa kesepian dan untuk mengisi celah kosong tersebut, mereka akan berselingkuh. Intinya, rasa kesepian dapat mendorong seseorang untuk mencari koneksi sosial atau emosional di luar hubungan utama.




Apa Ciri-Ciri Istri Selingkuh Ditinjau dari Aspek Psikologis?


Ketika kamu mulai mengalami trust issue dan merasakan ada yang berbeda dari istrimu, kamu mungkin bertanya-tanya apakah itu adalah salah satu tanda bahwa dirinya telah mendua. Untuk mencari tahu, simak beberapa ciri-ciri istri selingkuh berikut ini!



1. Istri Mulai Sering Berbohong

Salah satu tanda bahwa istrimu mendua adalah istri mulai sering berbohong untuk menyembunyikan aktivitas atau hubungan yang tidak diinginkan dari pasangan. Kebohongan ini akan semakin banyak dan menggunung ketika dia merasa dirinya mulai ketahuan. Tidak jarang, orang yang berselingkuh juga melakukan gaslighting untuk membalikkan keadaan.



2. Istri Tidak Lagi Tertarik dengan Keseharian Suami

Hal lain yang bisa terlihat dari seorang istri yang selingkuh adalah ia kehilangan minatnya pada keseharian suami. Ketidaktertarikan terhadap kehidupan sehari-hari pasangan dapat mencerminkan perubahan perasaan atau keterlibatan emosional dengan pihak lain. 

Perubahan minat ini sering terkait dengan pencarian kepuasan emosional di luar hubungan utama, menjadi sinyal potensial adanya perselingkuhan atau ketidakpuasan dalam pernikahan.



3. Istri Mudah Kesal dan Sering Memulai Pertengkaran

Istri yang berselingkuh cenderung memiliki emosi yang mudah terpancing, bahkan bisa marah atau kesal saat suami bercanda atau melontarkan lelucon. Jika suasana hatinya selalu buruk dan mudah marah, perlu diperhatikan sebagai tanda potensial adanya masalah dalam hubungan. 

Sensitivitas berlebih terhadap masalah kecil juga dapat termanifestasi dalam sering memulai pertengkaran, di mana istri membesar-besarkan masalah sederhana seolah-olah untuk menutupi perselingkuhan. 

Pertengkaran diciptakan dengan mencari hal kecil yang dianggap menjijikkan, mungkin sebagai strategi untuk mengalihkan perhatian atau menciptakan alasan untuk meninggalkan hubungan. Waspada dan sensitivitas terhadap perubahan ini dapat membantu mengidentifikasi potensi permasalahan lebih lanjut dalam hubungan.



4. Ada Perubahan di Kebiasaan Seksual

Menurut Cecilie Storgaard, perselingkuhan dapat membuat istri menolak berhubungan seks atau segala bentuk keintiman. Ia mungkin memberikan berbagai alasan untuk menghindari hubungan seksual. Dan seandainya aktivitas seksual ini terjadi pun, kamu dapat merasakan perubahan. Hubungan seksual menjadi terpaksa, tanpa emosi, dan terasa dingin, mencerminkan dampak negatif dari perselingkuhan terhadap keintiman dalam hubungan.



5. Istri Menjadi Sangat Menjaga Privasinya

Istri yang berselingkuh mungkin memiliki keinginan kuat untuk menjaga ruang privasinya. Dia mungkin melindungi ponselnya dengan kata sandi dan menghindari menjawabnya saat sedang sibuk. Istri yang tidak jujur lebih suka merahasiakan kehidupan pribadinya, seperti siapa saja teman dekat atau rekan kerjanya. 

Mereka akan berusaha mencegah agar pasangannya tidak tahu banyak tentang mereka dan apa yang mereka lakukan (baik di luar rumah atau di ruang digital seperti ponselnya). Biasanya, istri yang tidak setia ini terlibat dalam perselingkuhan namun berupaya keras menyembunyikannya dari suaminya. 

Mereka tidak berniat meninggalkan suami saat ini, sebaliknya, mereka ingin menjalani kehidupan ganda tanpa ketahuan oleh suaminya.



6. Istri Tiba-Tiba Mulai Memperhatikan Penampilannya

Perubahan penampilan, seperti kunjungan ke salon, potongan rambut baru, atau pemakaian pakaian dalam yang baru serta seringnya dandanan, bisa menjadi indikator bahwa istri telah berselingkuh. Jika terdapat perubahan yang mencolok dan tidak biasa dalam penampilannya, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan adanya perubahan dalam hubungan kalian.

Perubahan-perubahan tersebut bisa menunjukkan usahanya untuk tampil menarik di depan orang tertentu. Namun, perlu dicatat bahwa perubahan ini sering terjadi di luar rumah atau saat bekerja, sementara di rumah bersama suami, istri tetap tampil biasa saja.



7. Istri Mendadak Sering Lembur

Jika istrimu adalah seorang wanita pekerja, kamu perlu melihat tanda-tanda lain mengenai perselingkuhannya dari aktivitasnya di kantor yakni mulai sering lembur (tidak seperti biasanya).

Lembur yang berlebihan memberi kesempatan untuk meninggalkan rumah dan berinteraksi dengan orang lain, menciptakan alasan untuk mencari pelarian dari rutinitas harian. Perubahan jadwal kerja yang signifikan dapat menjadi tanda potensial adanya perselingkuhan, karena memberikan waktu tambahan untuk terlibat dalam hubungan yang tidak diketahui oleh pasangan utama.



8. Istri Tiba-Tiba Sering Keluar Rumah

Istri yang memiliki pria idaman lain tidak akan merasa betah berlama-lama di rumah. Sebaliknya, dia akan mencari-cari berbagai alasan untuk lebih sering di luar. Aktivitas di luar rumah yang meningkat mungkin mencerminkan keinginan untuk menjauh dari rumah atau menciptakan alasan untuk tidak bersama pasangan.



9. Istri Menjadi Sangat Boros 

Ciri istri selingkuh yang lainnya adalah adanya pengeluaran besar yang tiba-tiba. Hal ini bisa menunjukkan keterlibatan finansial dengan pihak lain atau perubahan dalam prioritas hidup. Pengeluaran besar mungkin mencerminkan usaha untuk membangun hidup baru atau menutupi hubungan selingkuh. Memantau perubahan dalam pola pengeluaran dapat membantu mengidentifikasi tanda-tanda ketidaksetiaan dan perubahan signifikan dalam kehidupan pribadi pasangan.



Jika masalah yang kamu alami dalam rumah tanggamu sudah di luar batas kemampuanmu untuk menanganinya sendiri, jangan ragu untuk melakukan konseling pernikahan dengan tenaga psikolog terbaik di Grome. Kami juga siap membantu mencari jalan keluar untuk berbagai permasalahan lain yang kamu hadapi. Hubungi kami sekarang juga!