Jangan Bingung Pilih Psikolog, Ini 18 Psikolog Terbaik di Jakarta!
Jangan Bingung Pilih Psikolog, Ini 18 Psikolog Terbaik di Jakarta!

Jangan Bingung Pilih Psikolog, Ini 18 Psikolog Terbaik di Jakarta!

Konsultasi psikologi saat ini menjadi kebutuhan yang sama pentingnya dengan medical checkup karena kesehatan fisik dan mental itu saling terhubung satu sama lain. Psikolog membantu mendeteksi, mencegah, dan mengelola masalah mental, mengurangi dampaknya terhadap kesehatan fisik. Ini membantu masyarakat menjaga keseimbangan holistik, memperkuat hubungan antara kesehatan mental dan fisik.

Bagi kamu yang baru pertama kali berencana melakukan konsultasi dengan psikolog, selain mencari tahu biaya psikolog, penting juga untuk memilih secara bijak psikolog yang akan kamu kunjungi. Ini penting untuk mendapatkan solusi terbaik dan tentu saja memberikan kenyamanan selama sesi konseling berlangsung. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas siapa saja pilihan psikolog terbaik di Jakarta yang bisa kamu pertimbangkan. Setiap psikolog memiliki spesialisasi yang berbeda-beda sehingga akan membantumu mendapatkan penanganan terbaik untuk setiap masalah psikologis yang kamu alami. Sebagai catatan, daftart ini tidak dibuat dengan indikator apapun dan berdasarkan pengalaman internal. Semoga daftar ini bisa membantumu, ya!



1. Shabrina Fitriandari, M.Psi., Psikolog


Bagi kamu yang mengalami masalah seperti burnout karena pekerjaan, stres hingga mengalami gangguan kecemasan dan depresi, Shabrina Fitriandari, M.Psi. bisa membantumu mencarikan solusi. Psikolog yang memiliki lisensi dari Himpunan Psikologi Indonesia ini telah membuka praktik sejak tahun 2018, pasca lulus dari program Magister Program Profesi Psikologi Klinis Dewasa di Universitas Atmajaya.

Shabrina Fitriandari adalah sosok yang senang membangun pendekatan yang fokus kepada klien lewat sesi terapi dan konseling. Dengan pendekatan berfokus pada solusi, Shabrina Fitriandari akan membimbing kamu dalam mengenali kekuatan pribadi dan merancang rencana tindakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Shabrina Fitriandari juga bisa membantu mengatasi masalah emosi, relasi dengan pasangan, problem identification hingga employee assistance program.



2. Adriana Dewi Riani, M.Psi., Psikolog


Dalam keseharian, berbagai permasalahan akan kamu temukan, baik yang berkaitan dengan masalah pribadi maupun pekerjaan. Jika kamu memiliki sesuatu yang ingin dikonsultasikan, Psikolog Adriana Dewi Riani bisa membantumu dalam sesi konseling.

Adriana Dewi Riani, M.Psi., merupakan Psikolog Klinis Dewasa, alumnus Universitas Katolik Atma Jaya, telah berpraktik di poli jiwa beberapa rumah sakit di Jakarta. Pengalaman luasnya mencakup konseling dan penanganan masalah diri, hubungan romantis, keluarga, dan macam-macam gangguan mental

Adriana merupakan spesialis dalam gangguan kecemasan, stres, burnout, depresi, relasi pasangan, hubungan interpersonal, identifikasi masalah, dan program bantuan karyawan. Dengan latar belakang yang kaya, Adriana menyediakan dukungan profesional untuk berbagai tantangan psikologis. Jika kamu mencari psikolog pernikahan terbaik di Jakarta, Adriana Dewi Riani adalah salah satu pilihan yang perlu kamu pertimbangkan.



3. Angellia Lestari, M.Psi., Psikolog


Bagi kamu yang memiliki masalah dengan pasangan, baik itu pacar atau pasangan menikah (suami/istri), kamu membutuhkan psikolog yang memiliki spesialisasi di bidang ini. Angellia Lestari Christiani, Psikolog Klinis Dewasa, alumnus Universitas Atma Jaya, memiliki ketertarikan khusus dalam persoalan relasi dengan pasangan

Aktif sebagai dosen fakultas Psikologi di universitasnya, Angel juga sering menjadi pembicara dalam webinar mengenai isu-isu seputar relasi. Dalam praktiknya, ia fokus pada gangguan kecemasan, stres, depresi, serta hubungan interpersonal. Sebagai asesor dan trainer di industri, Angel membawa pengalaman luas untuk membantu individu mengatasi masalah emosional dan mengembangkan diri. 

Spesialisasi lain yang juga menjadi cakupan minat psikolog satu ini meliputi orientasi seksual, dan employee assistance program.


4. Erin Mutiara Naland, M.Psi., Psikolog


Bagi sebagian orang, memilih psikolog dengan jam terbang tinggi dan pengalaman bertahun-tahun dianggap bisa memberikan outcome yang lebih optimal. Jika kamu adalah salah satu yang memiliki pemikiran seperti ini, Erin Mutiara Naland adalah psikolog yang kamu cari.

Psikolog yang akrab disapa Erin ini juga merupakan seorang trainer dan public speaker. Ia memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun, aktif dalam konseling, terapi, dan assessment. Sebagai Direktur FAME Consultant, ia melayani berbagai klien seperti BCA, Pertamina, dan Indomaret Group.

Fokusnya saat ini adalah pada Mindfulness dan Psikologi Kesehatan, sementara spesialisasinya melibatkan relasi dengan pasangan, employee assistance program, gangguan kecemasan, stres, burnout, depresi, dan hubungan interpersonal.



5. Emilia Naland, M.Si., Psikolog


Masalah psikologi bisa dialami oleh berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak sampai lansia. Emilia Naland sebagai psikolog senior, siap membantu kamu menghadapi berbagai masalah, termasuk problem terkait perkembangan anak sampai lansia.

Emilia Naland lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1978 dan meraih gelar Magister Sains di bidang Psikologi Perkembangan. Sebagai Certified dan Practitioner EFT, ia mendalami dampak perselingkuhan terhadap kesejahteraan istri. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di yayasan pendidikan dan 18 tahun praktik mandiri, ia juga aktif sebagai pembicara publik mengenai kehidupan keluarga dan pendidikan. 



6. Yashika A. Faradhiga, M.Psi., Psikolog


Yashika A. Faradhiga, M.Psi., adalah Psikolog Klinis Dewasa lulusan UNIKA Atma Jaya Jakarta. Dengan pengalaman sebagai Recruitment and Selection Specialist di berbagai perusahaan dan rumah sakit, Yashika memiliki keahlian dalam menangani gangguan kecemasan, depresi, stres kerja, dan masalah relasi. Aktif dalam praktek psikologis, ia berkomitmen pada kesehatan fisik dan mental klien. 

Layanan konsultasinya difokuskan pada problem identification dan employee assistance program, memberikan dukungan profesional untuk mengatasi berbagai tantangan psikologis.



7. Gracia Mayuni Semeru, M.Psi., Psikolog


Gracia, Psikolog Klinis Dewasa lulusan UNIKA Atma Jaya Jakarta, terlibat aktif dalam praktik konseling profesional di berbagai biro konsultasi psikologi. Dengan pengalaman praktek di rumah sakit, Gracia memiliki keahlian menangani berbagai kasus, termasuk kecemasan, hubungan romantis, kesepian, depresi, kurang percaya diri, dan pemilihan karir. 

Spesialisasinya mencakup konsultasi gangguan kecemasan, stres dan burnout, emosi dan depresi, serta hubungan interpersonal. Profesional ini berkomitmen membantu individu mengatasi beragam tantangan psikologis dalam kehidupan dewasa.



8. Louis Vigar, M.Psi., Psikolog


Jika kamu membutuhkan tenaga psikolog dengan pengalaman penanganan anak berkebutuhan khusus, Louis Vigar, M.Psi mungkin adalah psikolog yang kamu cari. Lulusan Universitas Tarumanegara ini aktif berpraktik di beberapa biro konseling profesional, menangani permasalahan seputar diri sendiri, konflik relasional, dan keluarga. 

Pengalaman praktiknya mencakup kasus trauma, stres, depresi, gangguan kepribadian, dan perkembangan. Dengan fokus pada konseling profesional, ia berkomitmen membantu individu mengatasi berbagai tantangan psikologis untuk mencapai kesejahteraan mental. 



9. Iddha Diyaning Ratri, M.Psi., Psikolog


Berspesialisasi di bidang gangguan kecemasan, stres dan burnout, emosi dan depresi, relasi dengan pasangan, hubungan interpersonal, bakat dan minat, Iddha Diyaning Ratri, M.Psi adalah seorang Psikolog Klinis Dewasa lulusan Universitas Indonesia.

Memiliki pengalaman praktik lebih dari 10 tahun, Iddha telah menangani berbagai permasalahan seputar pekerjaan dan karier, stress, penyesuaian diri, hubungan interpersonal dan kesehatan mental. Keahliannya juga melibatkan asesmen dan seleksi di bidang pekerjaan dan pendidikan. Terlibat sebagai narasumber atau pembicara dalam beberapa kesempatan, Iddha berkontribusi pada berbagai acara terkait.



10. Fika Ayudhia, M.Psi., Psikolog


Fika Ayudhia, M.Psi, psikolog lulusan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, mengkhususkan diri dalam Klinis Dewasa. Dengan minat pada psikologi klinis, Fika aktif dalam layanan konseling, menangani isu tekanan pekerjaan, pengembangan diri, relasi, keluarga & pernikahan, kecemasan, dan masalah LGBT. Terlibat pula di industri dan organisasi, Fika berkontribusi dalam rekrutmen, assessment, evaluasi karyawan, serta menjadi fasilitator training untuk berbagai perusahaan.

Jika kamu memiliki masalah stres dan burnout, gangguan kecemasan, emosi dan depresi, hubungan interpersonal, relasi dengan pasangan, dan stress serta well-being, kamu bisa berkonsultasi pada Fika.



11. Ristriarie Kusumaningrum, M.Psi., Psikolog


Bagi para orang tua, terutama mereka yang masih baru, masalah pengasuhan, perilaku anak hingga kesulitan belajar tentu menjadi dilema tersendiri. Jika kamu salah satunya, mencari bantuan psikolog bisa jadi cara menemukan jalan keluar.

Ristriarie, Psikolog Klinis Anak lulusan Universitas Indonesia, mengkhususkan diri dalam menangani permasalahan anak dan remaja. Sebagai praktisi Theraplay, ia telah berpengalaman menangani berbagai kasus, termasuk juga masalah attachment atau kedekatan, anak berkebutuhan khusus, dan masalah pada remaja. 



12. Nadya Pramudita, M.Psi., Psikolog


Pilihan psikolog lain yang juga bisa membantu kamu mengatasi masalah terkait pengasuhan, kesulitan masalah belajar pada anak dan remaja serta masalah perilaku adalah Nadya Pramudita, M.Psi.

Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini mengkhususkan diri dalam perkembangan anak. Sebagai konselor, psikolog sekolah, asesor, dan narasumber artikel psikologi, ia menggeluti passion-nya sehari-hari. Dengan pengalaman praktek lebih dari 10 tahun, Nadya telah berhasil menangani berbagai kasus, termasuk masalah emosi, belajar, dan tumbuh kembang anak.



13. Hana Talita Margijanto, M.Sc., M.Psi., Psikolog


Hana Talita Margijanto, M.Sc., M.Psi., adalah psikolog Pendidikan lulusan Unika Atma Jaya. Dengan pengalaman sebagai konselor sekolah dan learning support di sekolah dwibahasa, Hana juga menyelesaikan magister sains Psikologi Anak dan Remaja di Universitas Leiden, Belanda. Ketertarikannya melibatkan pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, terutama siswa dengan kesulitan belajar, serta pengembangan minat dan bakat pada anak usia TK dan SD.

Jika kamu merasa pengalaman dan latar belakang pendidikan Hana sesuai dengan masalah yang sedang kamu hadapi, kamu bisa memilih untuk langsung berkonsultasi.



14. Giavanny Panatra, M.Psi., Psikolog


Akrab disapa Vanny, Psikolog Klinis Anak dan Remaja dari Universitas Padjajaran, ini memusatkan perhatiannya pada permasalahan anak, remaja, dan relasi anak-orang tua. Aktif berpraktek di beberapa biro psikologi, Vanny memiliki pengalaman sebagai konselor sekolah, asesor, dan pembicara di sekolah atau media. 

Dalam prakteknya, Vanny mengatasi berbagai kasus tumbuh kembang anak, emosi, kesulitan belajar, serta hubungan orang tua dan anak. Spesialisasinya mencakup pengasuhan, masalah perilaku, dan kesulitan belajar serta pengembangan bakat/minat pada anak dan remaja. Dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya, jangan ragu untuk berkonsultasi pada Vanny terkait berbagai masalah psikologi di atas, ya!



15. Dra. Rinny Soegiyoharto, Psikolog


Psikolog terbaik di Jakarta lainnya yang juga memiliki pengalaman puluhan tahun adalah Dra. Rinny Soegiyoharto. Sebagai lulusan Universitas Gadjah Mada, psikolog ini telah berpraktik selama 27 tahun dan memegang izin praktik dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). 

Aktif sebagai pengurus HIMPSI DKI Jakarta Raya sejak 2005, ia memiliki pengalaman luas di berbagai sektor, termasuk pemerintah, non-pemerintah, dan perusahaan dengan berbagai fokus bisnis. Spesialisasinya melibatkan penanganan stress dan burnout, emosi dan depresi, serta hubungan interpersonal. Profesional ini membawa wawasan mendalam dalam membantu individu menghadapi berbagai tantangan psikologis.



16. Dra. Rieny Hassan, Psikolog


Hubungan interpersonal sering menjadi masalah karena perbedaan nilai, komunikasi yang kurang efektif, ketidakpahaman terhadap emosi, dan kurangnya keterampilan sosial. Faktor-faktor ini dapat menciptakan konflik, ketegangan, dan kesulitan berkomunikasi secara sehat, memengaruhi kesejahteraan hubungan antarindividu. Ini juga dapat berpengaruh pada relasi dengan pasangan.

Jika ini adalah masalah psikologis yang sedang kamu hadapi, berkonsultasi dengan Dra. Rieny Hassan sebagai salah satu psikolog terbaik di Jakarta bisa memberikan masukan dan membantumu menemukan jalan keluar. Ia merupakan seorang psikolog alumnus Universitas Indonesia, berpengalaman sebagai staf edukatif di Fakultas Psikologi UI, ASMI Ekstension, dan pengajar Psikologi Industri di Fakultas Teknik UI. Keahliannya melibatkan pengembangan diri, perilaku individu dalam organisasi, kepemimpinan, dan komunikasi. Selain itu, ia, juga menawarkan jasa konsultasi serta pelatihan di berbagai perusahaan dan acara.



17. Amarina Ariyanto, M.Psi., Psikolog


Amarina Ariyanto M.Psi, Psikolog lulusan Universitas Indonesia tahun 1978, aktif sebagai dosen dan praktisi di UI. Ibu Ade, seperti dia akrab dipanggil, dapat menangani masalah individu, pernikahan (KDRT, komunikasi), dan pendidikan (minat, bakat, motivasi). Selain itu, juga terlibat dalam intervensi kelompok seperti training, ceramah, dan webinar. 

Dengan spesialisasi dalam emosi, depresi, relasi pasangan, hubungan interpersonal, bakat-minat, pengasuhan, perilaku, dan kesulitan belajar pada anak dan remaja, Ibu Ade siap membantumu lewat sesi konseling psikologi yang berkualitas.



18. Upik Nuri Budi Sulistyorini, M.Psi., Psikolog


Upik Nuri Budi Sulistyorini., M.Psi., Psikolog merupakan psikolog lulusan Universitas Surabaya 1987, mengambil jurusan Psikologi Industri & Organisasi tahun 1993. Berpengalaman di SDM & Training perusahaan. Sebagai Psikolog Associate di Biro Pelayanan Psikologi, Assessor di perusahaan, dan Psikolog Konselor di sekolah. 

Ia juga berspesialisasi dalam konsultasi gangguan kecemasan, stress, relasi pasangan, hubungan interpersonal, pengasuhan, perilaku anak dan remaja, bakat dan minat, problem identification, dan employee assistance program. Dengan pengalaman multidimensi, memberikan kontribusi luas dalam mendukung kesejahteraan mental di berbagai konteks, baik individu maupun organisasi.




Itu dia daftar 18 psikolog terbaik Jakarta yang bisa kamu jadikan referensi untuk berkonsultasi terkait berbagai persoalan mental, karier maupun hubungan.

Memilih psikolog yang tepat merupakan langkah kunci untuk mendapatkan bantuan optimal sesuai dengan setiap masalah psikologis. Dalam proses konsultasi, penting untuk mempertimbangkan spesialisasi dan pengalaman psikolog agar sesi terapi berjalan efektif. Setiap profesional, mulai dari Shabrina Fitriandari, Adriana Dewi Riani, hingga Upik Nuri Budi Sulistyorini, memiliki keunikan dan keahlian dalam menangani berbagai aspek masalah mental. 

Pilihan bijak akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan mental dan keseimbangan holistik seseorang. Jangan ragu untuk mencari bantuan psikolog yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mau berkonsultasi tapi tidak sempat datang langsung ke tempat praktek psikolog Jakarta yang kamu inginkan? Tenang saja! Di Grome kamu bisa melakukan layanan konseling online dengan memilih langsung psikolog yang kamu butuhkan. Siapa saja psikolog yang bisa kamu pilih? Jawabannya: semuanya!