Bukan Cuma Feeling, Ini Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi
Bukan Cuma Feeling, Ini Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Bukan Cuma Feeling, Ini Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Perselingkuhan adalah salah satu masalah rumah tangga yang paling pelik. Kadang, situasi ini tidak disadari dengan baik oleh pihak yang diselingkuhi. Banyak istri yang mungkin menganggap bahwa silent treatment yang dilakukan oleh suami hanya sekadar ciri-ciri suami sudah tidak sayang istri. Padahal, bisa jadi ada masalah lain yang lebih serius: perselingkuhan.

Bagi kamu yang sedang curiga pada pasangan dan penasaran apa saja ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi, kamu bisa mempelajarinya lebih jauh lewat artikel ini. Semoga kamu bisa mendapatkan pencerahan, ya!



1. Perubahan Cara Berkomunikasi

Ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi yang pertama adalah adanya perubahan dalam cara suami berkomunikasi. Dalam sebuah hubungan, rusaknya sebuah komunikasi tidak pernah jadi pertanda baik. Kalau suami tidak mau lagi berdiskusi atau bahkan berdebat denganmu, artinya mereka sudah tidak merasa tertarik membagikan keseharian mereka lagi denganmu.

Tingkah laku orang selingkuh lain yang muncul dari perubahan cara mereka berkomunikasi adalah sikap stonewalling. Situasi ini terjadi ketika pasangan sengaja membuat jarak dan menghindari komunikasi. Misalnya:

  • Cuek dengan apa yang kamu katakan
  • Sengaja mengganti topik pembicaraan untuk menghindari hal-hal yang membuatnya tidak nyaman
  • Menolak menjawab pertanyaan
  • Menggunakan bahasa tubuh yang meremehkan seperti memutar bola mata atau menutup mata.



2. Perubahan Gaya Berpakaian

Cara mengetahui pasangan kita selingkuh yang berikutnya adalah dengan mengamati perubahan cara mereka berpakaian. Berpakaian dengan cara yang lebih baik dan rapi tentu bukan perilaku narsistik melainkan sesuatu yang positif. Tapi kalau perubahannya ini disertai dengan perubahan sikap, bisa jadi ini adalah tanda-tanda kalau pasangan kamu berselingkuh.

Perubahan gaya berpakaian bisa termasuk berpakaian lebih rapi dari biasanya, menggunakan gaya pakaian yang berbeda atau memakai baju yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya.



3. Menghindari Pertanyaan dari Istri dan Keluarga

Menghindari kamu, keluargamu atau menghindari pembicaraan tentang masalah yang ada di rumah adalah salah satu ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi. Mereka sengaja menghindar karena tidak tahu bagaimana harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka tidak nyaman.

Misalnya saja pertanyaan tentang di mana dirinya berada di waktu tertentu, atau dengan siapa dia berada. Di sisi lain, cara ini juga dilakukan untuk menghindari perasaan bersalah karena sudah merusak hubungan. Cara-cara menghindar yang mungkin bisa jadi bukti bahwa pasanganmu sedang berselingkuh antara lain:

  • Kamu merasa seolah-olah kamu sedang dihindari
  • Suami tidak lagi ingin pergi atau melakukan sesuatu dengan kamu lagi. Padahal sebelumnya mereka suka melakukannya. Misalnya pergi ke pesta bersama, nonton bareng dan lain sebagainya



4. Banyak Menghabiskan Waktu di Luar Rumah

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah karena pekerjaan tentu adalah hal yang lumrah. Tapi kalau waktu di luar rumah semakin lama semakin panjang dan berlangsung lama, ini mungkin bisa jadi tanda perselingkuhan. 

Alih-alih hanya mencari arti mimpi suami selingkuh, coba perhatikan beberapa sikap suami yang membuatnya lebih lama berada di luar rumah berikut ini:

  • Suami mendadak punya hobi baru yang membutuhkan waktu beberapa jam setiap harinya dan membuat kamu merasa kesepian
  • Ketika kamu menunjukkan ketertarikan pada hobi barunya, suami cenderung abai
  • Ketika kamu bertanya kapan dia istirahat atau apa yang dia lakukan saat istirahat, dia cenderung menghindar/enggan menjelaskan
  • Suami menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan seperti sengaja berlama-lama di kantor. Jika kamu mulai merasakan ini, percayalah bahwa ini adalah salah satu red flag yang perlu diwaspadai.


Poin terakhir biasanya dilakukan sebagai bentuk avoidance coping. Pasangan mungkin merasa kamu mulai menaruh perhatian lebih pada aktivitasnya. Ia khwatir kamu akan melakukan konfrotansi sehingga memilih untuk menghindar dengan berlama-lama di luar.



5. Lebih Protektif Terhadap Barang Pribadi 

Ada pasangan suami istri yang cenderung tidak memiliki terlalu banyak privasi. Misalnya saling tahu password ponsel masing-masing. Jika sebelumnya kamu dan pasangan memiliki hubungan seperti ini namun mendadak dia menjadi lebih protektif terhadap ponsel miliknya, kamu perlu khawatir.

Kecenderungan suami untuk menjadi lebih protektif terhadap barang pribadinya saat terlibat dalam selingkuh umumnya terkait dengan rasa bersalah. Rasa bersalah dapat mendorongnya untuk menyembunyikan bukti atau jejak perselingkuhan, menciptakan dorongan untuk melindungi privasinya secara ekstra. Ini bisa menjadi tanda kecemasan atau upaya untuk menjaga rahasia perselingkuhan.



6. Banyak Berbohong

Selingkuh adalah tindakan yang seringkali menimbulkan rasa bersalah dalam diri pelakunya. Orang tersebut mungkin akan berusaha menyembunyikannya dengan cara berbohong. Baik berbohong tentang hal-hal yang besar maupun hal-hal kecil.

Ada beberapa alasan kenapa orang yang berselingkuh itu jadi lebih sering berbohong:

  • Takut merusak hubungan. Orang yang selingkuh mungkin takut kehilangan hubungan mereka jika pasangan mengetahui perselingkuhan. Oleh karena itu, mereka cenderung menyembunyikan kebenaran
  • Terkait dengan kepentingan pribadi. Individu yang terlibat dalam selingkuh mungkin memiliki kepentingan pribadi tertentu, seperti menjaga citra positif atau mendapatkan keuntungan tertentu, yang membuat mereka memilih untuk berbohong
  • Mencari narasi pembenaran untuk diri sendiri. Orang yang selingkuh mungkin merasa perlu untuk membentuk narasi atau alasan yang dapat membenarkan perilaku mereka kepada diri sendiri atau orang lain, sehingga berbohong dapat menjadi alat untuk menjaga konsistensi dalam pembenaran tersebut
  • Menjaga kontrol. Berbohong dapat memberikan rasa kuasa dan kontrol atas situasi. Dengan menyembunyikan informasi, orang yang selingkuh mungkin merasa lebih mampu mengendalikan bagaimana kebenaran terungkap.



7. Suami Menuduh Istri yang Sebenarnya Berselingkuh

Pernahkah kamu mendengar kalau ada orang yang menuduh orang lain mencuri, bisa jadi sebenarnya dialah pencurinya? Hal yang sama juga bisa terjadi pada pasangan yang berselingkuh.

Ketika seseorang melakukan kesalahan atas sesuai, dia mungkin akan berusaha memindahkan rasa bersalah itu pada orang lain dan menuduhnya melakukan hal yang sama. Dalam kasus ini, suami mungkin akan balik menuduh bahwa kamulah yang berselingkuh, meskipun kamu tidak merasa melakukannya.

Jika pasangan berselingkuh, kamu mungkin akan mendapati tanda-tanda sebagai berikut:

  • Suami terus-menerus menuduh kamu berselingkuh
  • Setiap kamu menanyainya, dia akan mengembalikan pertanyaan itu padamu
  • Ketika kamu mengatakan sikapnya berubah, dia akan balik mengatakan kalau kamulah yang mencurigakan
  • Melakukan gaslighting. Gaslighting digunakan oleh pelaku selingkuh untuk memanipulasi dan mengubah persepsi pasangan, menciptakan ketidakpastian emosional. Ini membantu menyembunyikan perselingkuhan dan mengurangi tanggung jawab pribadi dengan meragukan kewarasan pasangan.



8. Mulai Muncul Isu Finansial 

Masalah finansial dalam pernikahan adalah hal yang umum dan hampir semua pasangan suami istri pernah mengalaminya. Tapi ini juga bisa terjadi karena ada perselingkuhan. Tanda-tandanya antara lain:

  • Suami sengaja menunda-nunda big purchase atau pembelian besar seperti membeli mobil, renovasi rumah, pergi liburan dan lain sebagainya
  • Ada pengeluaran-pengeluaran tidak masuk akal atau tidak biasa dalam tagihan kartu kredit
  • Uang menjadi isu yang lebih sensitif antara kamu dan pasangan.



Perselingkuhan adalah masalah yang sulit bagi sebuah rumah tangga. Jika kamu mengalaminya atau mencurigai pasanganmu berselingkuh, tidak ada salahnya melakukan konseling pernikahan dengan psikolog di Grome. Psikolog kami akan membantu kamu melakukan langkah-langkah tepat untuk menyelesaikan dilema yang ada dalam rumah tanggamu.

Sebagai penyedia layanan konseling online, Grome siap menjaga rahasiamu. Apa pun masalahmu baik itu love language yang berbeda dengan pasangan hingga isu broken home, konsultasikan hanya pada Grome!