Mau Lanjut Menikah? Pastikan Dia Berkomitmen dalam Hubungan!
Mau Lanjut Menikah? Pastikan Dia Berkomitmen dalam Hubungan!

Mau Lanjut Menikah? Pastikan Dia Berkomitmen dalam Hubungan!

Dalam sebuah hubungan baik hubungan romantis di luar maupun di dalam pernikahan membutuhkan cinta, rasa saling menghargai dan komitmen. Komitmen dalam hubungan adalah janji atau tekad untuk berinvestasi secara serius dan berkelanjutan dalam hubungan tersebut. Ini mencakup kesiapan untuk berjuang melalui tantangan, tumbuh bersama dan membangun masa depan bersama sebagai pasangan.

Lebih dari sekadar masalah love language atau sifat red flag, komitmen bisa diibaratkan sebagai fondasi yang mendukung kokohnya sebuah hubungan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai pentingnya komitmen dalam hubungan berikut ini!



Apa Arti Komitmen dalam Hubungan?


Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, komitmen itu adalah fondasi bagi sebuah hubungan. Menurut National Library of Medicine, teori komitmen berasal dari teori saling ketergantungan atau interdependensi. Teori ini berpendapat bahwa sebuah hubungan akan cenderung berkembang dan bertahan karena beberapa faktor.

Bukan hanya karena karakteristik atau pribadi kedua individu, tapi juga tingkat saling ketergantungan antar kedua pasangan. Tingkat saling ketergantungan ini ditentukan oleh tingkat kepuasan pasangan terhadap hubungan tersebut dan persepsi mereka terhadap kualitas dan alternatif hubungan tersebut.

Belakangan, komitmen dalam hubungan itu sering dianggap sebagai sesuatu yang memusingkan karena mereka merasa ketika sudah berkomitmen, mereka tidak lagi bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Komitmen kerap membuat orang jadi bingung mengenai kebebasan dan tanggung jawab mereka.

Agar sebuah hubungan dapat bertahan lama, dibutuhkan adanya komitmen. Menurut psikolog María Alejandra Castro Arbeláez, komitmen harus berasal dari kesepatakan untuk saling mengerti, saling jujur, saling menghormati dan bekerja sama. Dari sudut pandang ini, komitmen akan membantu pasangan untuk tetap berbahagia meski hubungan mereka tidak selamanya mulus.



Contoh Komitmen dalam Hubungan, Ada Apa Saja?


Ada beberapa tanda pasangan memiliki komitmen dalam hubungan antara lain:



1. Ada Keinginan untuk Lebih Saling Mengenal

Dalam hubungan, komitmen muncul melalui keinginan untuk lebih saling mengenal. Pasangan ini berinvestasi waktu dan usaha ekstra untuk memahami lebih dalam tentang kepribadian, kebiasaan, dan nilai-nilai masing-masing. Mereka berkomitmen untuk membangun dasar yang kuat, menciptakan ikatan yang lebih mendalam, dan tumbuh bersama melalui pemahaman yang lebih baik tentang satu sama lain.



2. Semakin Menunjukan Rasa Sayang 

Komitmen dalam hubungan tercermin dalam intensitas rasa sayang. Dengan meningkatnya ekspresi cinta dan keterikatan emosional, pasangan membangun fondasi yang kuat untuk saling mendukung dan bertumbuh bersama, menciptakan hubungan yang berkelanjutan dan bermakna.



3. Memulai Obrolan tentang Masa Depan

Dalam hubungan, komitmen tercermin saat pasangan secara aktif merencanakan masa depan bersama. Diskusi tentang rumah impian, jumlah anak, dan rencana pasca menikah menunjukkan keterlibatan emosional dan keseriusan untuk membangun hidup bersama, menciptakan fondasi yang kuat untuk hubungan jangka panjang.



4. Mempererat Tali Hubungan Antar Keluarga

Komitmen mempererat hubungan keluarga melalui pengenalan resmi dan waktu bersama. Mereka saling memahami nilai keluarga, menciptakan ikatan yang kuat, dan aktif terlibat dalam kehidupan satu sama lain. Hal ini memperkuat hubungan mereka melalui integrasi dan dukungan keluarga yang kokoh.



5. Banyak Melakukan Aktifitas Bersama

Komitmen dalam hubungan tercermin dalam aktifitas bersama, menunjukkan dedikasi untuk saling terlibat. Melakukan aktivitas seperti olahraga, memasak, dan travelling menciptakan hubungan yang erat, memperkuat ikatan emosional, dan membangun kenangan bersama yang menguatkan keterikatan antara pasangan.



6. Tidak Sungkan untuk Membahas Topik Serius

Membicarakan topik serius dalam hubungan menunjukkan komitmen yang kuat. Dengan membahas masalah agama, politik, komunikasi, dan penyelesaian konflik, pasangan membangun kedalaman dan keterbukaan. Hal ini menciptakan fondasi yang kokoh, memastikan pemahaman bersama, dan menunjukkan kesediaan untuk tumbuh bersama melalui tantangan. Diskusi topik serius adalah tanda kematangan emosional dan intelektual dalam hubungan jangka panjang.



7. Mengambil Keputusan Secara Bersama

Pengambilan keputusan bersama dalam hubungan mencerminkan komitmen untuk saling terlibat dalam perjalanan hidup. Melibatkan pasangan dalam keputusan besar memperkuat ikatan, menciptakan rasa saling percaya, dan membangun fondasi yang solid untuk masa depan bersama.



8. Memulai Perencanaan Keuangan Bersama

Dengan berkomitmen pada perencanaan keuangan bersama, kamu dan pasangan menunjukkan kesiapan untuk membangun masa depan finansial yang kokoh. Melalui pembahasan tabungan, investasi, dan perencanaan jangka panjang, kamu menciptakan dasar yang solid untuk menghadapi tantangan finansial bersama dan memperkuat ikatan kalian melalui kolaborasi yang matang.

Baca Juga: Punya Banyak Tanggungan? Mungkin Kamu Sandwich Generation!




Bagaimana Cara Menjaga Komitmen dalam Hubungan?


Menjaga komitmen dalam hubungan tidak hanya bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Dengan komitmen dari kedua belah pihak, tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti suami selingkuh atau masalah rumah tangga yang serius lainnya.

Lalu, bagaimana cara menjaga komitmen dalam hubungan?



1. Selalu Lakukan Komunikasi Terbuka 

Dalam menjaga komitmen dalam hubungan, komunikasi terbuka menjadi kunci utama. Dengan saling berbagi perasaan, harapan dan pendapat, pasangan menciptakan lingkungan tempat kepercayaan dapat tumbuh. Komunikasi yang jujur membuka jalan untuk pemahaman yang lebih dalam dan memperkuat ikatan emosional antara kamu dan pasangan.



2. Rencanakan Quality Time Bersama

Dalam menjaga komitmen dalam hubungan, penting untuk menciptakan waktu berkualitas tanpa gangguan. Dengan meluangkan waktu khusus untuk menikmati kebersamaan, pasangan memperkuat koneksi emosional mereka. Hal ini menciptakan ruang untuk saling memahami, mendukung, dan memperdalam ikatan, memastikan hubungan tetap erat dan berkomitmen.



3. Saling Support Impian dan Tujuan

Pasangan yang solid saling memotivasi dan mendukung pencapaian mimpi serta tujuan individu maupun bersama baik dalam karier, keuangan, maupun aspek lainnya.



4. Menjaga Kesetiaan Hubungan

Salah satu cara menjaga komitmen dengan pasangan adalah dengan selalu menjaga kesetiaan kepada pasangan kapan saja. Jangan pernah mengkhianati kepercayaan pasangan dengan cara berbohong, berselingkuh, atau menyembunyikan hal-hal penting satu sama lain.



5. Saling Menghargai Perbedaan

Pasangan yang mampu menerima pandangan, prinsip, dan latar belakang satu sama lain tanpa menghakimi, membangun fondasi yang kuat. Dengan sikap terbuka dan penerimaan, hubungan mereka berkembang harmonis, menciptakan ruang untuk pertumbuhan individu dan kebersamaan yang lebih dalam.



6. Rutin Mencoba Hal Baru 

Dalam menjaga komitmen hubungan, kamu dan pasangan sebaiknya selalu konsisten mencoba hal-hal baru. Dengan terus menciptakan kenangan indah melalui aktivitas unik dan pengalaman seru, hubunganmu dan pasangan akan semakin kaya. Rutinitas ini tidak hanya memperkuat ikatan emosional, tetapi juga memberikan kesempatan untuk bagi kalian untuk tumbuh dan berkembang bersama.



Komitmen dalam hubungan adalah sesuatu yang terkesan yang ‘mahal’ dan sulit. Namun, ketika kamu dan pasangan memberikan effort yang sama besar, maka hal ini sama sekali bukan masalah.

Jika kamu memiliki masalah hubungan yang rumit baik dengan pasangan yang sudah menikah atau belum, konseling pernikahan online dan layanan konseling online dari Grome siap membantu kamu. Kami akan memberikan sudut pandang berbeda dan masukan yang berharga untuk membantu hubunganmu berkembang kearah yang positif. Hubungi kami sekarang juga!

Baca Juga: Mencari Psikolog Pernikahan di Jakarta? Berikut Rekomendasinya!