Hargai Pegawai dengan 10 Contoh Penghargaan Pegawai Berikut!
Hargai Pegawai dengan 10 Contoh Penghargaan Pegawai Berikut!

Hargai Pegawai dengan 10 Contoh Penghargaan Pegawai Berikut!

Pada dasarnya orang bekerja untuk mendapatkan uang dan bertahan hidup. Meskipun begitu, gaji tentu bukan satu-satunya yang bisa membuat karyawan bertahan dan memiliki employee engagement yang baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan retensi karyawan adalah dengan memberikan penghargaan karyawan atau employee rewards.

Penghargaan karyawan memiliki peran yang esensial dalam budaya kerja sebuah perusahaan. Ini bisa membantu memotivasi, memperbaiki tingkatan kinerja karuawan serta meningkatkan kepuasan terhadap pekerjaan secara umum. Apa sebenarnya pengertian penghargaan pegawai? Apa manfaat dan jenis jenis penghargaan pegawai yang bisa diberikan? Simak selengkapnya dalam artikel ini!



Apa itu Penghargaan Pegawai?


Pemberian penghargaan kepada karyawan merupakan metode terbaik bagi organisasi untuk mengekspresikan penghargaan dan pengakuan atas kerja keras mereka. Ini juga berfungsi sebagai insentif untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan mendorong mereka untuk meningkatkan kinerja mereka.

Pemberian penghargaan kepada karyawan merupakan bagian integral dari teori motivasi yang terkenal, yakni Teori Ekspektasi oleh Victor Vroom. Menurut teori ini, seseorang akan lebih termotivasi dan berkinerja tinggi jika mereka percaya bahwa usaha mereka akan meningkatkan kinerja mereka dan membawa imbalan yang diinginkan. Ini merupakan tujuan penghargaan pegawai yang perlu diketahui oleh semua perusahaan.



Apa Manfaat dan Tujuan dari Memberikan Penghargaan Pegawai?


Setelah mengetahui apa pengertian dari penghargaan karyawan, hal berikutnya yang akan kita bahas adalah manfaat penghargaan pegawai dan tujuannya bagi perusahaan. Simak manfaatnya penghargaan pegawai berikut ini!



1. Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan

Program penghargaan karyawan berperan sebagai pendorong motivasi yang kuat, membuat karyawan mau bekerja melebihi harapan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh McMaster University, karyawan yang menerima pengakuan dari perusahaan memiliki tekad dan semangat 89% lebih tinggi.

Dalam kenyataannya, ketika karyawan merasa dihargai dan diakui, mereka cenderung lebih terlibat, berkomitmen, dan termotivasi untuk mencapai tujuan mereka.



2. Meningkatkan Kepuasan Karyawan Terhadap Pekerjaan

Ketika perusahaan memberikan apresiasi kepada karyawan, maka ia akan merasa dihargai dan puas dengan pekerjaannya. Ketika karyawan puas dan bahagia, maka produktivitasnya akan meningkat dan risiko pengunduran diri akan menurun.



3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Penghargaan karyawan menciptakan lingkungan kerja positif dengan meningkatkan rasa dihargai dan motivasi karyawan. Ini menghasilkan kepuasan kerja yang lebih tinggi, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat ikatan antara karyawan dan perusahaan serta meningkatkan dinamika tim. Ini bisa membantu terbentuknya lingkungan kerja toxic dan hubungan yang tidak sehat antar karyawan.



4. Meningkatkan Tingkat Retensi Karyawan

Perusahaan yang mengutamakan pengakuan terhadap karyawan memiliki kemungkinan 56% lebih rendah untuk kehilangan karyawan (karena pindah ke perusahaan lain). Dengan menghargai usaha karyawan, perusahaan dapat memperkuat ikatan yang kuat dengan anggota timnya. Karyawan yang mendapatkan pengakuan cenderung membangun loyalitas dan komitmen yang lebih kuat terhadap perusahaan, meningkatkan retensi karyawan, dan mempertahankan bakat terbaik.



Apa Saja Jenis - Jenis Penghargaan Pegawai?


Setelah memahami pengertian dan manfaat employee rewards, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah jenis jenis penghargaan pegawai. Perlu diingat bahwa rewards tidak harus berupa uang, namun ada berbagai bentuk lainnya. Berikut beberapa jenis penghargaan karyawan lainnya:



1. Penghargaan Intrinsik

Penghargaan intrinsik ini adalah penghargaan tidak berwujud. Imbalan tak berwujud ini muncul dari tingkat kepuasan kerja yang tinggi atau perasaan nyaman di lingkungan kerja. Ini dapat menciptakan rasa dihargai bagi karyawan dalam organisasi. Beberapa contohnya meliputi penghargaan secara verbal atau tertulis dari atasan, atas pencapaian, penyelesaian proyek tepat waktu, atau apresiasi terhadap prestasi pribadi karyawan.



2. Penghargaan Ekstrinsik

Ini adalah penghargaan konkret yang diterima karyawan karena kinerja mereka yang baik di tempat kerja. Penghargaan ini berperan dalam meningkatkan motivasi karyawan melalui pengakuan. Beberapa contohnya termasuk hadiah, kenaikan gaji, bonus, promosi, dan sebagainya.



3. Penghargaan Finansial

Penghargaan finansial untuk karyawan adalah bentuk pengakuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai atau manfaat finansial lainnya atas kinerja yang baik di tempat kerja. Ini bisa berupa bonus, kenaikan gaji, tunjangan, atau saham perusahaan. Penghargaan finansial memberikan insentif yang kuat bagi karyawan untuk terus meningkatkan kinerja mereka dan mencapai tujuan perusahaan.



4. Penghargaan Non - Finansial

Penghargaan non-finansial untuk karyawan merujuk pada pengakuan dan apresiasi yang diberikan kepada karyawan tanpa melibatkan kompensasi finansial. Ini termasuk pujian, penghargaan verbal, sertifikat penghargaan, penghargaan karyawan bulanan, kesempatan untuk pengembangan karier, dan fleksibilitas waktu kerja. Penghargaan semacam ini berfokus pada memperkuat ikatan emosional dan motivasi intrinsik karyawan, meningkatkan kepuasan kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.



10 Jenis Penghargaan Pegawai untuk Kinerjanya


Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengapresiasi karyawan, baik melalui manajer atau HRD. Beberapa contohnya antara lain adalah:



1. Memuji Karyawan Atas Kinerja-nya


Salah satu cara termudah memberikan penghargaan kepada karyawan adalah dengan menuji kinerjanya secara verbal. Pujian verbal penting untuk diberikan karena sifatnya langsung, mudah diberikan, dan memperkuat ikatan antara manajer dan karyawan. Ini meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan rasa dihargai, serta menginspirasi karyawan untuk melampaui harapan dalam kinerja mereka.



2. Memberikan Karwayan Bantuan untuk Meningkatkan Skill

Memberikan bantuan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka juga termasuk salah satu cara mengapresiasi kerja kerasnya. Misalnya dengan membayar biaya pelatihan, seminar, buku, atau kursus online. Ini membantu karyawan meningkatkan kompetensi mereka, meningkatkan motivasi, dan menciptakan ikatan yang kuat antara karyawan dan perusahaan.



3. Memberikan Opsi Kepemilikan Saham


Opsi kepemilikan saham sebagai bentuk rewards atau apresiasi untuk karyawan disebut dengan PKSK (Program Kepemilikan Saham Karyawan). Biasanya ini dilakukan di perusahaan yang berbentuk startup. Dengan memperoleh saham, karyawan dapat berbagi kepentingan dengan pemegang saham. Ini memperkuat loyalitas dan rasa kepemilikan karyawan terhadap perusahaan. 

Pelaksanaannya diatur oleh UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, memberikan hak-hak khusus kepada karyawan yang memiliki saham di perusahaan. Hak-hak ini sama dengan pemegang saham lain pada umumnya.



4. Memberikan Bonus Atas Tercapainya Target

Pemberian bonus atas tercapainya target adalah bentuk penghargaan bagi pegawai yang berhasil mencapai tujuan tertentu. Ini memotivasi karyawan untuk berkinerja lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan merangsang pencapaian target perusahaan. Ini juga bisa menjadi cara yang jitu bagi perusahaan untuk memicu karyawan lain agar bersemangat mencapai target yang sama (agar mendapatkan bonus juga).



5. Memberikan Gift Card atau Voucher Belanja


Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi pegawaimu adalah dengan memberikan hadiah berupa voucher belanja atau gift card. Cara ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan di dunia.

Memberikan gift card atau voucher belanja kepada pegawai sebagai penghargaan akan memberikan fleksibilitas kepada pegawai untuk memilih hadiah sesuai dengan preferensi mereka. Penghargaan semacam ini mengakui kontribusi pegawai dan mendorong rasa dihargai di tempat kerja.



6. Memberikan Hari Libur Tambahan

Memberikan hari libur tambahan kepada pegawai adalah contoh penghargaan yang efektif. Ini memberikan kesempatan bagi pegawai untuk bersantai, mengisi ulang energi, dan menyeimbangkan kehidupan kerja-pribadi. Penghargaan semacam ini juga menunjukkan perhatian dan penghargaan dari perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. 

Dengan memberikan waktu tambahan untuk bersantai, pegawai dapat kembali ke tempat kerja dengan semangat yang segar dan meningkatkan produktivitas mereka.



7. Memberikan Kesempatan untuk Work From Home


Memberikan kesempatan untuk bekerja dari rumah adalah penghargaan bagi pegawai yang memungkinkan mereka untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi atau work life balance

Ini menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel dan memperlihatkan kepercayaan dari perusahaan terhadap karyawan. Dengan bekerja dari rumah, karyawan dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kepuasan kerja, sambil tetap memenuhi tanggung jawab pekerjaan mereka.



8. Menaikan Pangkat atau Posisi Karyawan

Menaikkan pangkat atau posisi karyawan adalah salah satu bentuk penghargaan yang signifikan dalam dunia kerja. Ini mencerminkan pengakuan terhadap prestasi dan kontribusi yang luar biasa dari seorang karyawan. 

Selain memberikan dorongan motivasi yang kuat, kenaikan pangkat atau posisi juga meningkatkan kepercayaan diri karyawan dan memberikan kesempatan untuk tanggung jawab yang lebih besar serta peluang karier yang lebih baik dalam perusahaan.



9. Menawarkan Liburan atau Perjalanan Kerja


Salah satu contoh lain dari penghargaan karyawan adalah menawarkan liburan atau perjalanan kerja. Ini dapat berupa hadiah liburan ke destinasi yang diinginkan atau kesempatan untuk menghadiri konferensi atau acara bisnis yang relevan. Penghargaan semacam ini tidak hanya memberikan waktu istirahat yang layak, tetapi juga memperkaya pengalaman kerja karyawan, meningkatkan motivasi, dan memperkuat koneksi antara perusahaan dan individu yang dihargai.



10. Menghadiahkan Merchandise Perusahaan

Memberikan merchandise perusahaan kepada pegawai merupakan contoh penghargaan yang banyak diberikan oleh perusahaan di dunia. Ini termasuk dengan memberikan pakaian, peralatan kantor, atau barang-barang dengan merek perusahaan lainnya. Penghargaan semacam ini membangun rasa kebanggaan dan afiliasi dengan merek perusahaan serta meningkatkan loyalitas karyawan.



Selain dengan berbagai langkah di atas, penghargaan karyawan juga dapat diberikan lewat pemberian fasilitas kerja yang mumpuni atau pengadaan program-program bermanfaat yang bisa mendukung pengembangan karier mereka.

Salah satu program yang akan memberikan dampak secara holistik bagi kesehatan mental sekaligus produktivitas karyawan kamu adalah EAP atau Employee Assistance Program

Employee Assistance Program (EAP) dapat menjadi cara memberikan penghargaan kepada karyawan dengan menyediakan dukungan mental, emosional, dan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Ini menunjukkan perhatian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan, memperkuat hubungan, dan meningkatkan produktivitas. Pada akhirnya, ini juga akan membantu perusahaan untuk mencapai KPI yang ditargetkan.

Ingin mengadakan EAP untuk perusahaanmu tapi masih bingung dengan prosedurnya? Grome sebagai penyedia layanan konseling online siap menjadi solusi untukmu. Hubungi Grome untuk pelaksanaan program EAP yang strategis dan efektif sekarang juga!