Ke Psikolog Ga Selalu Mahal! Ini Daftar Biaya Konsultasi Psikolog!
Ke Psikolog Ga Selalu Mahal! Ini Daftar Biaya Konsultasi Psikolog!

Ke Psikolog Ga Selalu Mahal! Ini Daftar Biaya Konsultasi Psikolog!

Kamu mungkin pernah mendengar atau bahkan merasakan bagaimana masalah yang terjadi di kehidupan dapat mempengaruhi kesehatan mental sehingga menyebabkan gangguan mental. Konsultasi dengan seorang psikolog mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalahmu. 

Artikel ini akan membahas berbagai cara berbeda untuk konsultasi psikolog terutama biaya konsultasi psikolog yang perlu dikeluarkan untuk konsultasi psikolog online, puskesmas, dan rumah sakit.



Berapa Biaya Konsultasi Psikolog Online?

Sebagian orang memilih untuk melakukan konsultasi psikolog secara online. Alasannya adalah aksesnya yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan melakukan konsultasi secara offline. Selain itu, saat ini sudah banyak pilihan platform konseling online yang dapat kamu pilih. Berikut adalah contoh platform konseling online beserta harganya:



1. Grome

Grome adalah platform online untuk konseling dan pengembangan diri. Dengan lebih dari 950 jam konseling dan memiliki banyak pakar-pakar ahli, Grome merupakan salah satu rekomendasi psikolog online terbaik yang dapat menjadi solusi untuk permasalahanmu. 

Grome memiliki banyak layanan, seperti konsultasi pernikahan online, konsultasi gangguan kecemasan, emosi dan depresi, stres dan burnout, dan masih banyak lagi. Biaya konsultasi psikolog online yang diperlukan adalah mulai dari Rp 200.000 untuk satu sesi konseling.



2. Riliv

Platform ini diciptakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan mental di Indonesia. Riliv menawarkan berbagai macam layanan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu, di antaranya adalah meditasi, konseling, dan Riliv for Company.

Biaya konsultasi psikolog online yang ditawarkan Riliv juga terjangkau yaitu mulai dari Rp 50.000 per-sesi untuk durasi 60 menit.



3. KALM

Salah satu platform untuk konsultasi psikolog online adalah KALM. Platform ini menyediakan wadah bercerita yang terjamin privasinya untuk pelanggan, baik perorangan atau untuk perusahaan. Kamu dapat menceritakan berbagai macam permasalahan dengan para ahli dari KALM.

Lama konseling yang disediakan adalah berkisar antara 50-75 menit per-sesi nya. Kamu dapat mengeluarkan biaya konsultasi psikolog mulai dari Rp 99.000 untuk setiap sesi.



4. Halodoc

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang mencakup berbagai macam informasi mengenai kesehatan, konsultasi dengan dokter termasuk dengan psikiater atau psikolog, membuat janji dengan dokter secara online, toko kesehatan, dan lainnya. 

Salah satu layanan yang disediakan adalah konseling kesehatan mental yang mencakup berbagai macam permasalahan seperti gangguan kecemasan serta masalah-masalah lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 50.000 per sesi selama 30 hingga 60 menit.



5. Klee

Klee merupakan platform online yang berguna sebagai pengembangan diri. Layanan yang disediakan adalah konseling online melalui chat dan panggilan serta konseling offline dan home visit dengan psikolog yang tersertifikasi dan tersedia di berbagai daerah di Indonesia. 

Biaya konsultasi psikolog yang diperlukan dapat bermulai dari Rp 158.000 per sesi dengan sesi selama 60 menit.



6. Satu Persen 

Satu Persen adalah platform yang didirikan dengan maksud agar penggunanya dapat mengembangkan diri serta menyelesaikan masalah. Satu Persen berbagai macam layanan yang dapat dipilih seperti mentoring, konseling, tes online gratis, kelas online, dan webinar.

Untuk layanan konselingnya berharga mulai dari Rp 259.000 per sesinya dengan perkiraan lama sesi selama 60 menit.



7. Bicarakan 

Dengan visi membangun kesejahteraan mental bagi setiap warga Indonesia, Bicarakan memiliki beberapa layanan seperti konten edukasi, aplikasi untuk meditasi, dan layanan konseling dengan psikolog. Sesi yang ditawarkan memiliki durasi 1 jam dengan harga Rp 249.000 per sesi.

Berbagai permasalahan seperti hubungan percintaan, trauma masa lalu, masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, hingga yang berkaitan dengan seksualitas telah diatasi oleh psikolog dari Bicarakan. 



8. Psylution

Psylution adalah platform online dengan tujuan untuk membantu mereka yang mungkin belum pernah pergi ke psikolog karena masalah biaya atau akses. Layanan yang dimiliki Psylution adalah konseling online dan konseling offline. Harga untuk konselingnya adalah dari Rp 127.000 per jam nya.  



9. Ibunda

Ibunda merupakan platform konseling yang memiliki banyak psikolog bersertifikat dan ahli di bidangnya. Layanan yang ditawarkan adalah layanan e-counseling atau konseling online yang bisa dilakukan melalui panggilan suara, video call atau chat, layanan counseling corner atau konseling offline, dan layanan couple konseling untuk pasangan. 

Kamu dapat mengeluarkan biaya sebesar mulai dari Rp 179.000 untuk setiap sesi konseling psikolog dengan durasi konseling selama 1 jam.



Berapa Biaya Konsultasi Psikolog di Puskesmas?

Sebagai fasilitas kesehatan masyarakat, puskesmas tidak hanya menangani masalah fisik tetapi juga memberikan perhatian besar pada kesehatan mental. Puskesmas adalah pilihan yang bagus bagi kamu yang ingin mendapatkan konsultasi psikolog tanpa mengeluarkan banyak uang.

Kamu bisa mendapatkan pelayanan konseling di puskesmas dengan harga yang berkisar dari Rp 7.000 - Rp 30.000 per sesinya.  Dengan biaya yang sangat terjangkau ini tentunya mempermudah setiap kalangan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pelayanan konsultasi psikolog.

Selain itu, jika kamu mempunyai BPJS, kamu juga dapat menikmati layanan konseling tanpa perlu membayar biaya konsultasi psikolog di puskesmas jika puskesmas tersebut merupakan opsi faskes pertama.

Biasanya sesi konseling di puskesmas memakan waku selama 1 jam atau sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga kamu dapat leluasa berbicara mengenai masalah yang kamu hadapi.

Untuk mendapatkan informasi lebih mudah, kamu dapat melihat file PDF ini yang berisi informasi tentang puskesmas yang melayani konseling. Kamu dapat menemukan puskesmas terdekat yang menawarkan layanan konsultasi psikolog dengan biaya yang terjangkau. Perlu diingat bahwa informasi tentang biaya dapat bervariasi.



Berapa Biaya Konsultasi Psikolog ke Rumah Sakit?

Konsultasi di rumah sakit menjadi solusi yang dapat diandalkan ketika masalah kesehatan mental memerlukan perawatan lebih menyeluruh sehingga memungkinkan pasien untuk secara langsung membahas masalah mereka dengan seorang psikolog.

Akan tetapi, biaya konsultasi psikolog ke rumah sakit dapat bervariasi. Beberapa faktor dapat mempengaruhi biaya konseling. Lokasi adalah salah satu faktor tersebut. Misalnya, di daerah perkotaan, biaya dapat lebih mahal dibandingkan dengan yang di pedesaan. Contohnya biaya konsultasi psikolog di rumah sakit Jakarta bisa dimulai dari Rp 300.000 tiap sesinya.

Selain lokasi, rumah sakit yang dipilih juga memengaruhi biaya yang dipatok. Hal ini dikarenakan perbedaan fasilitas dan reputasi di setiap rumah sakit. Keahlian psikolog juga menjadi faktor lain yang memengaruhi biaya. Jika psikolog yang dipilih lebih berpengalaman, tentunya biayanya akan lebih tinggi.



Setelah membaca berbagai pilihan konsultasi psikolog di atas dan mengetahui rentang biaya konsultasi psikolog, Grome adalah salah satu yang paling menarik. Grome hadir sebagai lebih dari sekedar tempat untuk berbicara, namun juga sebagai teman dalam perjalanan kamu menuju pemulihan. 

Di setiap permasalahan yang ada, pilihlah untuk berbicara, pilihlah untuk tidak sendiri, dan pilihlah Grome sebagai teman yang akan terus ada di sampingmu. Dengan layanan konseling online dari Grome, mendapatkan kesehatan mental yang baik menjadi lebih mudah.