Mengapa Bisa Bermimpi Suami Selingkuh? Psikolog Menjelaskan!
Mengapa Bisa Bermimpi Suami Selingkuh? Psikolog Menjelaskan!

Mengapa Bisa Bermimpi Suami Selingkuh? Psikolog Menjelaskan!

Mimpi sering disebut sebagai bunga tidur. Namun mimpi pasangan atau suami selingkuh banyak mengganggu banyak orang. Tidak heran kalau artikel tentang arti mimpi suami selingkuh kerap muncul di pencarian. Kebanyakan arti mimpi ini dijelaskan dari sudut pandang astrologi maupun primbon.

Jika kamu mengalami mimpi suami selingkuh, sebenarnya kamu bisa mencari tahu artinya dari sudut pandang psikologi. Pasalnya, mimpi pasangan selingkuh ternyata bisa jadi tanda ada kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi dalam hubungan kamu. Ini bisa berupa ketidakpuasan secara emosional, seksual atau adanya perasaan yang belum terselesaikan terkait perselingkuhan yang pernah terjadi di masa lalu.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu mimpi dan apa arti mimpi suami selingkuh menurut ahli psikolog. Tidak perlu buru-buru panik, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!



Pengantar Singkat Tentang Mimpi

Sebelum kita membahas tentang apa arti mimpi suami selingkuh, kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu mimpi. Mimpi menurut Freud adalah jembatan antara perasaan dengan dunia eksternal. Perasaan ini bisa termasuk kesan maupun keinginan terpendam dari pemimpinya. Mimpi merupakan pemenuh keinginan dari apa yang tidak bisa diwujudkan di dunia eksternal.

Lalu, apakah mimpi suami selingkuh artinya kita berharap bahwa suami akan selingkuh di dunia eksternal? Tentu saja tidak. Mimpi merupakan rangkaian skenario dan gambar campur aduk yang kita lihat saat kita sedang tidur. Beberapa berasal dari keinginan kita, sedangkan mimpi tentang suami yang selingkuh dengan seseorang mungkin muncul dari rasa tidak aman atau kepercayaan diri yang rendah.




Kondisi Psikologis yang Menyebabkan Mimpi Suami Selingkuh 

Sebelum buru-buru menyimpulkan arti suami selingkuh menurut psikolog, kamu perlu memahami bahwa mimpi ini bisa muncul karena ada kondisi psikologis tertentu yang kamu alami. Apa saja?


1. Kecemasan dan Ketidakamanan dalam Hubungan 

Mimpi suami selingkuh bisa muncul dalam berbagai skenario. Jika kamu mimpi suamimu selingkuh dengan mantannya – misalnya, ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu dalam diri dari sang mantan yang membuatmu iri. Mungkin saja karena sang mantan kamu anggap lebih cantik, lebih pintar atau lebih dulu mengenal suamimu.

Karena rasa iri ini, muncul kecemasan berlebih dan rasa khawatir bahwa suamimu mungkin masih memikirkan mantannya. Karena itu, muncullah mimpi suami selingkuh.



2. Pengalaman Traumatis atau Perselingkuhan yang Dialami di Kehidupan Nyata

Salah satu alasan nyata yang bisa membuat seseorang bermimpi pasangannya berselingkuh adalah karena mereka memang pernah benar-benar berselingkuh di dunia nyata sebelumnya. Entah karena kami pernah diselingkuhi oleh kekasihmu sebelum suamimu, atau justru oleh suamimu yang sekarang, ini bisa memberikan dampak psikologis yang membuatmu memimpikan suamimu selingkuh.

Kenapa bisa terbawa mimpi? Ini karena kamu belum sepenuhnya memaafkannya atau kamu khawatir dia akan mengulanginya lagi. Mimpi suami selingkuh atau menikah lagi juga menunjukkan perasaan ragu-ragu akan kesetiaannya karena pernah dikhianati sebelumnya.



3. Stres dan Tekanan Emosional

Stres dan tekanan emosional yang kamu alami dalam kehidupan sehari-hari bisa berpengaruh pada mimpi yang kamu alami. Bisa jadi mimpi suami selingkuh yang kamu alami hanyalah bentuk respons terhadap beban emosional yang sedang kamu hadapi saat ini. Stres ini tentu saja bisa berasal dari mana saja. Bisa dari masalah rumah tangga itu sendiri, karena stress di tempat kerja atau karena posisimu sebagai sandwich generation.



4. Rasa Tidak Aman dalam Diri Sendiri

Ini adalah salah satu penyebab paling umum kenapa seseorang bisa memimpikan pasangan mereka berselingkuh. Ini tidak ada kaitannya dengan pasanganmu melainkan rasa tidak aman dan tidak percaya yang ada dalam dirimu sendiri.

Kamu kesulitan untuk memercayai pasangan meski faktanya mereka setia. Atau mungkin belakangan ini suamimu melakukan sesuatu yang membuatmu meragukan dirinya –meskipun sebenarnya dia tetap setia. Masalah kepercayaanmu akan muncul lagi karena ini. Rasa tidak aman, tidak percaya pada diri sendiri dan pikiran negatif inilah yang memicu mimpi pasangan selingkuh.



5. Proses Pengolahan Emosi

Emosi yang kamu alami dalam mimpi itu sangat nyata dan muncul dari tempat yang nyata. Rasa bersalah, rasa tidak aman, cemburu, bosan, cemas, marah atau rasa kewalahan yang tidak terkelola dengan baik bisa muncul dalam bentuk mimpi. Salah satunya mimpi pasangan yang berselingkuh.



6. Pengaruh Lingkungan dan Media

Percaya atau tidak, pengaruh lingkungan sekitar dan eksposur terhadap media juga bisa berpendatuh pada mimpi yang kamu alami. Ketika kamu terlalu sering menonton berita perselingkuhan di media, ini juga bisa membuatmu memimpikan hal yang sama pada suami atau pasanganmu sendiri.



Bagaimana Menghadapi Mimpi Suami Selingkuh?

Ketika memimpikan pasangan berselingkuh, kamu mungkin bingung mempertimbangkan antara memberitahu pasanganmu atau tidak tentang mimpi itu. Kamu mungkin merasa bersalah karena memimpikan pasanganmu yang setia berselingkuh.

Kamu mungkin juga merasa khawatir jika kamu menceritakannya, pasanganmu akan memberikan reaksi negatif. Mereka bisa saja menganggap bahwa dirimulah yang berfantasi untuk menjalin hubungan dengan orang lain. 

Sarah Gundle, PsyD, seorang psikolog klinis dengan praktik swasta di New York City menyarankanmu untuk mengeksplorasi secara pribadi makna mimpi tersebut terlebih dahulu. Jadi, alih-alih langsung membicarakannya dengan pasanganmu, ada baiknya kamu merenungi terlebih dahulu apa yang membuatmu memimpikan hal semacam itu. 

Beberapa langkah yang juga bisa kamu lakukan antara lain adalah:



1. Membuat Jurnal Mimpi

Membuat jurnal tentang mimpi yang kamu alami akan sangat membantu karena biasanya mimpi akan memudar seiring berjalannya waktu. Tuliskan semua detail yang kamu ingat tentang mimpimu termasuk karakternya, kejadiannya, sensasi serta perasaan yang kamu rasakan.

Menuliskan mimpi di dalam jurnal tidak hanya membantu kamu mengingat tapi juga melacak pola dalam mimpi. Kamu bisa mengidentifikasi elemen, tema dan perasaan yang berulang. Selain itu, ini juga bisa memberimu kesempatan untuk merenungkan mimpimu dalam keadaan terjaga sehingga kamu bisa dengan mudah mengeksplorasi perasaanmu terhadap mimpi itu.



2. Lakukan Konseling dengan Ahlinya

Jika mimpi yang kamu alami mengganggu dan kamu membutuhkan bantuan untuk memproses emosi yang ditimbulkannya, atau ketika mimpi itu berulang dan kamu ingin memahami penyebabnya, melakukan terapi akan sangat membantu.

Konseling merupakan cara yang berguna untuk menggali informasi dari mimpi yang kamu alami dan mengeksplorasi perasaanmu. Ini juga akan membantumu untuk lebih sadar akan konflik yang dialami oleh pikiran bawah sadarmu. Pada akhirnya ini akan membekalimu dengan keterampilan mengatasi konflik dan menavigasi konflik tersebut dengan lebih efektif.



Apa pun pemicunya, baik itu berasal dari dirimu sendiri atau pasanganmu, penting untuk melakukan langkah penanganan yang tepat. Ini tidak hanya penting untuk melindungi pernikahanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan, tapi juga melindungi kondisi mentalmu agar tidak terganggu karena mimpi-mimpi itu.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai arti mimpi suami selingkuh menurut psikolog. Jika kamu membutuhkan bantuan baik layanan konseling online maupun konseling hubungan pernikahan, jangan ragu untuk menghubungi Grome. Kami menyediakan tenaga psikolog berpengalaman yang siap mendengarkan dan memberikan pandangan untuk berbagai masalah yang kamu hadapi.