7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemburu Menurut Psikolog!
7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemburu Menurut Psikolog!

7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Cemburu Menurut Psikolog!

Rasa cemburu adalah salah satu emosi yang paling sering muncul dalam hubungan percintaan. Sifat manusiawi membuat kita merasa cemburu dan rasa cemburu dapat dianggap sebagai reaksi yang wajar dalam kadar tertentu. 

Namun, rasa cemburu yang berlebihan dan tidak terkendali dapat merusak keharmonisan dan kepercayaan dalam hubungan. Bagaimana cara menghilangkan rasa cemburu tersebut? Berikut adalah tujuh langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:



1. Identifikasi Sumber Rasa Kecemburuan


Sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi rasa cemburu, penting untuk merenung tentang akar perasaan ini. Identifikasikan dari mana datangnya sumber-sumber cemburu dalam pengalaman pribadimu. 

Apakah itu karena adanya perasaan tidak nyaman, seringnya membandingkan dengan pasangan atau orang lain, ataukah munculnya ketidakpastian dalam hubungan. Adanya red flag pada pasangan dan love language yang berbeda juga dapat menjadi sebabnya.

Rasa cemburu bisa saja berasal dari ketidakpastian akan diri sendiri atau bahkan dari ketakutan akan kehilangan orang yang dicintai. Misalnya, jika seseorang merasa kurang percaya diri atau meragukan nilai dirinya, maka rasa cemburu bisa menjadi semacam refleksi dari kurangnya rasa percaya diri tersebut.



2. Bangun Rasa Percaya Diri

Membangun rasa percaya diri adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa cemburu. Renungkan tentang apa yang membuat dirimu unik dan apa yang membuat kamu istimewa. 

Menghargai dan mencintai diri sendiri adalah cara terbaik untuk mengurangi perasaan cemburu yang tidak sehat. Karena hanya dengan menghargai diri sendiri, kamu akan terhindar dari rasa cemburu tersebut.

Selain itu, membangun rasa percaya diri juga bergantung pada merawat diri secara fisik dan mental. Menjaga kesehatan fisik dan mental akan memberikan dasar yang lebih kuat untuk menghadapi masalah emosional seperti cemburu dan meningkatkan kepercayaan diri.



3. Lakukan Komunikasi dengan Pasangan


Langkah berikutnya yang sangat penting dalam cara mengatasi rasa cemburu adalah berkomunikasi dengan pasangan secara terbuka dan jujur. Karena menyembunyikan perasaan cemburu sejatinya tidak akan berguna. 

Sebaliknya, dengan membuka diri dan berbicara terus terang mengenai perasaan cemburu dengan pasangan dapat membantu agar hubungan kalian lebih dekat dan agar kalian dapat lebih memahami satu sama lain.

Cobalah untuk memikirkan dan membuat daftar semua hal yang membuat kamu atau pasangan cemburu. Setelah itu, pikirkan tentang caramu dan pasangan mengatasi atau mengelola situasi tersebut. 

Dengarkan dengan penuh pengertian dan hindari menilai terlalu cepat selama proses ini. Meskipun terkadang ada kesalahpahaman dan ketidaksetujuan, kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan dengan komunikasi yang efektif.



4. Ubah Pola Pikir Negatif 

Pola pikir negatif seringkali menjadi faktor utama yang menyebabkan rasa cemburu. Dalam kehidupan sehari-hari, keadaan yang sederhana dapat memicu rasa cemburu tersebut. 

Contohnya adalah ketika pasangan sering menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Jika dilihat dari sudut pandang negatif, dapat muncul gagasan bahwa pasangan sudah bosan dengan hubungan, adanya masalah rumah tangga, atau bahkan tidak lagi mencintai satu sama lain.

Tetapi kamu dapat memperbaiki keadaan dengan mengubah pola pikir negatif tersebut. Cobalah berpikir bahwa pasangan mungkin hanya butuh waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman, dan itu tidak berarti mereka tidak menyukai kebersamaan denganmu. Dengan mengubah pola pikir, beban emosional pun akan berkurang.



5. Coba Latihan Relaksasi


Teknik relaksasi, terutama teknik pernapasan, dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatasi stres dan kecemasan. Teknik ini bukan hanya digunakan sebagai cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan, namun juga bertindak sebagai cara mengendalikan emosi.

Seringkali, cemburu dapat menyebabkan masalah yang merepotkan. Maka cobalah berbagai teknik pernapasan yang dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi intensitas emosi.

Lakukan teknik pernapasan di tempat yang tenang dan waktu yang luang. Berbaringlah atau duduk dengan nyaman. Pernapasan perut yang dalam dan lambat adalah kuncinya. Saat tarik napas, hitung perlahan hingga lima detik, tahan napas selama lima detik, lalu hembuskan napas perlahan selama lima detik. Ulangi ini berulang kali. 

Coba teknik pernapasan lain, seperti pernapasan kotak atau pernapasan alternate nostril, setelah kamu merasa nyaman dengan teknik sbelumnya. Pilihlah metode yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensimu.



6. Temukan Dukungan Sosial

Membicarakan perasaan cemburu dengan orang-orang yang terdekat dapat menghadirkan perspektif baru. Dukungan sosial sangat penting untuk mengatasi rasa cemburu. Terkadang, berbicara dengan teman atau keluarga tentang perasaanmu dapat menawarkan perspektif dan solusi yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

Bergabung dengan komunitas online yang mendukung dapat menjadi alternatif yang bagus bagi mereka yang mungkin tidak memiliki lingkaran sosial yang luas. Ada banyak forum dan grup di internet yang dimaksudkan untuk membahas masalah hubungan.

Ajak juga pasanganmu untuk ikut bergabung dengan komunitas seperti itu agar mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai masalah yang dapat terjadi pada hubungan.

Kamu juga dapat berbagi pengalaman dengan orang lain yang mengalami masalah yang serupa sehingga kamu bisa memberikan dukungan dan pengertian kepada mereka. Tetapi selalu ingat untuk tetap berhati-hati saat menjalin interaksi sosial agar perasaan pasangan juga tetap terjaga.



7. Lakukan Konseling dengan Profesional 


Mengajak pasangan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional dapat menjadi pilihan yang bijak jika rasa cemburu sudah mencapai tingkat yang sulit untuk diatasi sendiri. Terkadang, rasa cemburu dapat dikaitkan dengan masalah yang lebih dalam dan membutuhkan bantuan profesional seperti konsultasi dengan psikolog dari Grome.

Kamu atau pasangan dapat berbicara tentang rasa cemburu di tempat yang nyaman dan aman melalui konseling dengan seorang psikolog, terapis, atau konselor pernikahan. Selain itu, seorang profesional dapat membantu mengidentifikasi penyebab utama rasa cemburu.

Psikolog profesional juga dapat memberikan saran praktis mengenai cara menghilangkan rasa cemburu pada suami atau pada dirimu. Jangan lupa juga untuk selalu mendiskusikan kepada pasangan setelah selesai berkonsultasi agar masalah dapat teratasi.

Baca Juga: Ke Psikolog Ga Selalu Mahal! Ini Daftar Biaya Konsultasi Psikolog!



Mengatasi rasa cemburu memerlukan waktu dan usaha. Pasangan dapat membangun kepercayaan dan kesejahteraan bersama, tetapi sama halnya seperti masalah lain, tidak ada solusi yang instan. 

Proses ini juga dapat memperkuat hubungan, menghasilkan kedekatan yang lebih dalam dan pemahaman yang lebih baik satu sama lain. Oleh karena itu, mengatasi cemburu bukan hanya tentang menghilangkan emosi tersebut, tetapi juga tentang membangun dasar yang lebih kuat untuk hubungan yang lebih sehat dan bahagia.

Grome sebagai layanan konseling online menyediakan kesempatan untukmu atau pasangan untuk memperbaiki hubungan, salah satunya dengan membantu mengidentifikasi penyebab rasa cemburu yang muncul dan memberimu pengetahuan tentang cara menghilangkan rasa cemburu.

Dengan psikolog yang sudah profesional, kamu tidak perlu khawatir akan privasi ataupun rasa tak nyaman saat berkonsultasi. Grome menjamin setiap klien nya untuk merasa puas dengan pelayanan kami yang beragam dan profesional. Jadi tak perlu menunggu masalah membesar, segeralah hubungi Grome sekarang juga!