Apa Itu Self Reward? Ketahui Juga Contoh Self Reward yang Baik!
Apa Itu Self Reward? Ketahui Juga Contoh Self Reward yang Baik!

Apa Itu Self Reward? Ketahui Juga Contoh Self Reward yang Baik!

Beberapa tahun terakhir, istilah self reward adalah sesuatu yang tidak asing di telinga kita. Di media sosial, orang-orang banyak yang memamerkan berbagai hal dengan tujuan self reward. Entah itu berlibur ke luar negeri, menyantap makanan enak hingga membelikan barang mahal untuk diri sendiri.

Apa arti self reward sebenarnya? Mengapa self reward penting dan bagaimana melakukan self reward tanpa berlebih-lebihan? Mari kita kulik tuntas dalam artikel ini.



Apa itu Self Reward?


Dari segi bahasa, self reward berasal dari kata “self” (diri sendiri) dan “reward” (imbalan) yang artinya memberikan imbalan kepada diri sendiri. Secara istilah, self reward artinya adalah aktivitas yang dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri atas pencapaian yang sudah diraih. Bisa dibilang, self reward adalah bentuk dari self love atau tindakan mencintai dan menyayangi diri sendiri serta menjaga kesehatan mental.



Kenapa Kita Harus Melakukan Self Reward? Apa Manfaat Self Reward?


Ketika kita melakukan sesuatu, seringkali kita merasa berharap mendapatkan imbalan. Saat punya performa bagus di kantor, biasanya akan ada apresiasi dari perusahaan berupa bonus, kenaikan gaji hingga promosi.

Menurut Rounak Sharma, manusia memang cenderung sulit untuk tetap merasa termotivasi sampai benar-benar melihat hasil nyata dari tindakan yang dilakukan. Dengan bonus atau promosi yang dijanjikan, kamu akan lebih semangat bekerja. Begitu juga ketika kamu berdiet, berkurangnya berat badan dan tampilan yang lebih baik adalah hasil yang membuatmu tetap termotivasi.

Namun, untuk bisa mendapatkan imbalan itu butuh waktu. Apalagi jika imbalannya berasal dari orang lain. Satu-satunya cara untuk tidak kehilangan arah saat melakukan sesuatu dan tetap termotivasi adalah dengan memberikan imbalan itu sendiri. Self reward untuk diri sendiri bisa memberikan sejumlah manfaat antara lain:



1. Meningkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri

Memberikan penghargaan pada diri sendiri memiliki manfaat besar, termasuk meningkatkan motivasi dan produktivitas pribadi. Self reward tidak hanya memberikan dorongan emosional, tetapi juga mendorong pencapaian tujuan. Dengan mengakui prestasi dan usaha sendiri, kamu cenderung lebih termotivasi untuk mencapai hasil yang lebih baik dan menjaga konsistensi dalam usaha yang kamu lakukan.



2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pentingnya self reward yang berikutnya berkaitan dengan peningkatan rasa percaya diri. Melalui self reward, kita merasakan pencapaian pribadi yang secara signifikan meningkatkan rasa harga diri dan percaya diri, memberikan dorongan positif untuk mencapai tujuan lebih lanjut.

3. Menghilangkan Rasa Stress

Self reward dapat menjadi alat yang efektif untuk mengelola atau menghilangkan stres. Tindakan memberi penghargaan kepada diri sendiri dapat menjadi alat yang efisien untuk mengurangi dan menghilangkan rasa stres, menciptakan suasana positif dan meningkatkan kesejahteraan mental.



Apa Contoh Self Reward untuk Diri Sendiri?


Karena self reward artinya adalah memberikan imbalan pada diri sendiri, bentuknya pun bisa berbeda-beda, tergantung pada masing-masing individu. Namun, perlu diingat bahwa self reward tidak harus selalu berbentuk hal yang besar atau mahal seperti liburan ke luar negeri atau membeli tas branded baru. Bisa juga berupa hal-hal kecil dan sederhana yang dapat menghiburmu. Apa saja contohnya?



1. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Self reward dapat berupa meluangkan waktu untuk diri sendiri, menikmati hobi atau aktivitas kesukaan seperti membaca, bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik. Ini menciptakan momen pribadi yang menyenangkan dan memperkuat kesejahteraan emosional. Ini juga bisa jadi cara untuk cara mengatasi stres kerja.



2. Makan Makanan Favorit

Kalau kamu punya makanan kesukaan, ini juga bisa dijadikan sebagai bentuk self reward. Meskipun terkesan sederhana, tindakan sederhana ini efektif dan mampu menciptakan pengalaman positif dalam dirimu sekaligus sebagai bentuk perayaan atas pencapaian yang telah diraih..



3. Berkumpul dengan Teman atau Keluarga

Jika selama ini kamu sibuk dan jarang bertemu teman atau anggota keluarga, self reward satu ini perlu diperhitungkan. Cobalah sediakan waktu khusus untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Melalui bentuk social reward ini, kamu menciptakan momen kebahagiaan dan memperkuat koneksi sosial, memberikan dampak positif pada kesejahteraan emosional dan mental. 

Kalau kamu sedang burnout di tempat kerja, cara ini bisa menjadi opsi penolong yang akan membantumu mendapatkan work life balance.



4. Membeli Hadiah Kecil untuk Diri Sendiri

Salah satu contoh self reward lainnya adalah dengan membelikan hadiah kecil untuk diri sendiri, seperti buku, game, atau trinket lainnya. Tindakan ini tidak hanya memberikan kesenangan instan, tetapi juga meningkatkan motivasi dan kebahagiaan pribadi, menciptakan pengalaman positif.



5. Melakukan Spa atau Perawatan Diri

Setelah bekerja keras melakukan sesuatu misalnya menyelesaikan skripsi atau berhasil menghadapi lingkungan kerja toxic, kamu perlu melepaskan lelah. Berikan imbalan pada dirimu dengan melakukan perawatan untuk sekadar pampering. Rencanakan sesi spa di rumah, mandi hangat yang santai, atau melakukan perawatan kulit dan rambut untuk merayakan pencapaian atau melepaskan stres.



6. Melakukan Liburan Kecil

Merencanakan liburan singkat atau perjalanan ke tempat favorit sebagai hadiah atas pencapaian besar atau sebagai cara untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Tidak perlu memilih destinasi yang jauh. Cari lokasi yang dekat namun berkesan. Jangan lupa ajak orang-orang terdekat agar suasana semakin meriah.



Adakah Self Reward yang Buruk?


Meskipun self reward artinya adalah sesuatu yang bermakna positif, namun jangan sampai kamu melakukannya dengan cara yang salah. Self reward bisa berdampak negatif jika dilakukan secara berlebihan. Apa saja contohnya?



1. Terlalu Sering Melakukan Self Reward

Sering memberi penghargaan pada pencapaian kecil dapat merendahkan makna kesuksesan dan mengurangi dorongan intrinsik, sehingga berpotensi mengurangi motivasi dan kepuasan pada pencapaian yang sebenarnya lebih besar.



2. Makan Junk Food dengan Berlebihan

Menganggap makan junk food sebagai self reward secara berlebihan dapat mengancam kesehatan, meningkatkan risiko penyakit, dan menghambat usaha untuk menjaga gaya hidup sehat.



3. Terlalu Boros Belanja

Melibatkan diri dalam belanja berlebihan sebagai bentuk self reward dapat menyebabkan masalah finansial yang serius, meningkatkan tingkat stres, dan mempengaruhi keseimbangan keuangan pribadi.



4. Mulai Mengabaikan Kewajiban

Menggunakan self reward sebagai alasan untuk menunda pekerjaan atau mengabaikan tanggung jawab dapat merugikan produktivitas, menciptakan tekanan kerja, dan memberikan dampak negatif pada kehidupan sehari-hari serta hubungan interpersonal.

Memberikan self reward tentu bisa memberikan banyak manfaat jika dilakukan secara tepat. Jangan sampai kamu terjebak dalam cara yang salah karena itu bisa merugikan dirimu sendiri.


Jika kamu memiliki masalah seputar gangguan kesehatan mental atau psikologis, jangan ragu untuk berkonsultasi pada tenaga ahli. Di Grome, kami siap membantumu menyelesaikan berbagai persoalan. Dengan biaya psikolog yang lebih terjangkau, lakukan layanan konseling online bersama Grome sekarang juga!



Memberikan self reward tentu bisa memberikan banyak manfaat jika dilakukan secara tepat. Jangan sampai kamu terjebak dalam cara yang salah karena itu bisa merugikan dirimu sendiri.

Jika kamu memiliki masalah seputar kesehatan mental atau psikologis, jangan ragu untuk berkonsultasi pada tenaga ahli. Di Grome, kami siap membantumu menyelesaikan berbagai persoalan mulai dari cara agar tidak insecure sampai masalah kesehatan mental yang lebih serius. Dengan biaya psikolog yang lebih terjangkau, lakukan konseling online bersama Grome sekarang juga!