LDR (Long Distance Romance)
LDR (Long Distance Romance)

LDR (Long Distance Romance)

Does It really work?


(oleh : Shabrina Fitriandari, M.Psi., Psikolog



“Aku punya pacar sih, tapi berasa pacaran sama handphone”

“Taken but feels single”

“Hubungan kita sulit karena terpisah jarak dan waktu”



Wah Gromers, kamu pernah mengalami hubungan jarak jauh dengan pasangan ? Atau mungkin saat ini sedang menjalaninya? Nah artikel ini akan memberikan kamu informasi lebih jauh mengenai hubungan jarak jauh atau LDR itu sekaligus juga ada banyak tips supaya hubungan jarak jauh dapat berhasil.


Banyak orang percaya bahwa hubungan jarak jauh mungkin tidak akan berhasil, karena akan menghadapi banyak tantangan dalam mempertahankan hubungan. Hmm, banyak tantangan bukan berarti gak bisa bertahan kan. Ternyata banyak loh kejutan-kejutan dalam LDR alias long distance relationship. 

Menurut Angelina Cruz (2012), membangun hubungan jarak jauh juga membawa dampak positif dalam hubungan, diantaranya:

1.    Pengembangan diri

Dalam hubungan jarak jauh, kamu jadi punya waktu untuk mengeksplorasi dirimu sendiri. Kamu jadi memiliki waktu untuk memikirkan terkait nilai-nilaimu, tujuanmu dan perkembangan dirimu.

2.    Memperkuat Ikatan Emosi

Dalam hubungan jarak jauh, kamu dan pasanganmu dapat memperkuat ikatan emosional yang melampaui ikatan fisik. Hal ini dikarenakan kamu dan pasanganmu memiliki banyak waktu untuk berkomunikasi tentang dirimu dan satu sama lain, tentunya komunikasi yang berkualitas loh. Tidak hanya terkait kegiatan kalian sehari-hari. Hubungan jarak jauh dapat membuatmu menghargai waktu bersama dan membangun kepercayaan.

3.    Menghargai Kebersamaan.

Jarak mengajarimu dan pasangan nilai dari hubungan kalian, serta penghargaan yang lebih besar atas waktu yang dihabiskan bersama. Kamu mulai bisa merasakan rindu terhadap keberadaan pasanganmu. Hal ini dapat menunjukkan betapa kamu mencintai pasanganmu. 


Bagaimana cara mempertahankannya?

1.    Tentukan tujuan dari hubunganmu.

Setiap hubungan tidak dapat bertahan apabila tidak ada harapan atau tujuan yang akan dicapai bersama. Dalam hubungan jarak jauh, penting untuk membicarakan tujuanmu bersama sehingga kalian berdua akan berjuang dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini menumbuhkan keyakinan dalam dirimu, bahwa jarak yang memisahkan ini hanya untuk sementara waktu.

2.    Meningkatkan komunikasi yang berkualitas

Apabila kamu menjalani hubungan jarak jauh, mungkin kamu tidak memiliki kesempatan untuk berkomunikasi lebih sering dibandingkan pasangan yang tidak menjalani LDR. Tetapi, buat kamu yang sedang LDR, kamu bisa memiliki potensi untuk memiliki komunikasi yang berkualitas. Hal inilah yang dapat membuatmu dan pasanganmu dapat merasa nyaman dalam menjalani hubungan.

3.    Let yourself trust — and earn that trust yourself.

Salah satu hal yang penting dalam setiap hubungan adalah kepercayaan. Membangun kepercayaan dan menjaga kepercayaan berlaku untuk dua arah, baik untuk dirimu dan pasanganmu. Apabila kamu ingin dipercayai oleh pasanganmu, maka kamu juga harus bisa membuatnya percaya padamu, begitu pula sebaliknya.

4.    Membangun kedekatan emosi.

Saat berkomunikasi, ada baiknya kalau kamu dan pasanganmu juga memberikan affirmasi satu sama lain. Beritahu pasanganmu terkait dengan perasaanmu terhadap dirinya maupun terhadap hubunganmu. Mendengarkan ungkapan perasaan dapat menjadi hal yang menyenangkan untuk diucapkan maupun didengarkan

5.    Menghargai dan saling mendukung satu sama lain

Berandai-andai terkait kemungkinan terburuk yang sedang dia lakukan mungkin mudah untuk dilakukan, tetapi itu hanya akan memperburuk keadaanmu. Apabila ada keadaan yang kurang nyaman, jangan lupa dikomunikasikan. Jadilah pendengar yang baik, karena hal ini dapat membantumu dalam mempertahankan hubunganmu. 


Buat kalian yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, ingat ya menjaga kedekatan tidak secara fisik, tetapi juga bisa dengan kedekatan emosi. Jadi, meskipun kalian sedang berjauhan secara fisik, namun secara emosi kalian bisa sangat dekat. Semoga jarak ini hanya untuk sementara waktu ya!


Kalau saat ini ternyata kamu sedang mengalami masalah dalam hubunganmu dengan pasangan atau anggota keluarga lain ataupun rekan kerja, segera hubungi Grome ya, kita cari tahu permasalahannya dan temukan solusi terbaik untuk setiap permasalahanmu.

Jangan ragu untuk segera booking sesi konseling bersama Psikolog-psikolog professional Grome.id

Ditulis oleh